Select Language  
Book's Detail
Modifikasi Mesin Penggerak Pada Mesin Perkakas CNC 3 Axis Emco TU3A

Seiring perkembangan teknologi manufaktur yang semakin berkembang dari waktu-kewaktu, mesin konvensional sudah berkembang menjadi mesin otomatis yang kita sebut CNC ( computer Numerical Control ). Mesin CNC pada awalnya menggunakan motor stepper sebagai penggerak transmisi sumbu X, Y, Z. Namun akhir-akhir ini industri pembuat mesin CNC sudah mengganti motor stepper dengan motor servo sebagai penggerak transmisi.
Penggantian motor stepper menjadi motor servo cukup beralasan. Motor stepper dikenal presisi namun dalam kenyataannya torsi dari motor ini tidaklah baik. Sehingga pada saat dilakukan pemotongan benda kerja pada mesin CNC, motor stepper tidak kuat menahan gaya pemotongan dari spindle. Pemotongan benda kerja pun tidak sempurna dan tidak memuaskan.
Dari permasalahan tersebut, penulis ingin mencoba memodifikasi mesin CNC yang ada di Polman yaitu mesin CNC milling EMCO TU3A. Mesin tersebut masih menggunakan motor stepper sebagai penggerak transmisi sumbu X, Y, Z sehingga pemotongan benda kerja yang terjadi di mesin ini tidak sempurna. Selain itu mesin ini memiliki kekurangan lainnya yaitu turunnya headstock mesin apabila mesin tersebut dalam keadaan mati.
Turunnya headstock mesin dikarenakan tidak ada penahan beban headstock pada saat motor penggerak mati. Untuk itu harus dibuat konsttruksi system balancing headstock agar headstock tidak turun pada saat mesin mati. System balancing ini juga bertujuan untuk mengurangi kinerja motor penggerak sumbu Z pada saat menaik-turunkan headstock.
Dengan menggunakan motor servo dan Balancing System, kinerja dari mesin CNC Emco TU3A menjadi lebih baik karena lebih presisi, lebih halus dalam pererakan, lebih hemat energy terutama pada bagian motor.

Statement of Responsibility
Author(s) FANSHURY, Hilman - Personal Name
SUPARMAN, M.Ali - Personal Name
Edition 1st
Call Number TA-2100119
ISBN/ISSN -
Subject(s)
Classification TA
Series Title
GMD Printed
Language Indonesia
Publisher Polman
Publishing Year 2010
Publishing Place Bandung
Collation viii, 26 hal. : ilus. ; 29,5 cm
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...