Pilih Bahasa  
Book's Detail
Perancangan Sederhana Dan Pembuatan Mekanisme Mesin Pelurus Generatif Untuk Benda Bengkok Hasil Proses Hardening

Proses manufaktur adalah merupakan kegiatan operasi yang mengubah bahan baku menjadi barang jadi (produk) dengan menggunakan peralatan, waktu, keahlian, uang, manajeman dan lain-lain. Proses ini mempunyai teknik yang berbeda-beda sesuai dengan jenis produk yang dihasilkan. Pada proses pembuatan cetakan atau komponen mesin diperlukan mesin-mesin produksi dan kelengkapanya untuk mendukung kelancaran proses produksi tersebut. Pada tingkat operasional kadang-kadang ada permasalahan yang cukup kompleks. Salah satunya adalah proses pengerasan benda kerja yang tidak menghasilkan output yang optimal. Salah satu contoh adalah benda kerja yang retak, pecah, deformasi, bending, dan lain-lain.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka tugas akhir ini dipilih untuk membuat mekanisme mesin palu pelurus generatif secara sederhana.

Mesin Palu Pelurus Generatif ini adalah suatu mesin untuk meluruskan benda kerja yang bending hasil proses hardening. Dengan demikian kelebihan material yang telah dipersiapkan sebelumnya untuk proses penggerindaan dapat terpenuhi, sehingga seluruh permukaan benda kerja yang seharusnya digerinda dapat terjangkau dan masuk ukuran sesuai perencanaan sebelumnya. Kekerasan benda kerja yang dapat diluruskan pada mesin ini direncanakan maksimal 58 HRC. Dengan pemilihan radius kepala pemukul yang bervariasi yaitu; radius 2.5mm, 3mm, dan 4mm dengan kekerasan masing-masing 56, 58, dan 60HRC.

Pembuatan dimulai dengan perencanaan dan perancangan sederhana, pembuatan komponen, dan perakitan. Langkah terakhir adalah melakukan pengujian mekanisme kerja.

Dari hasil pengujian dengan waktu pemukulan selama 0,25 menit dapat memperbaiki deformasi sebesar 0,02 mm. Dengan frekuensi pemukulan dapat ditingkatkan menjadi 45 kali pemukulan setiap detiknya.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang ARFIN - Personal Name
PRIANDONO S., M.Ian - Personal Name
RUMENDI, Umen - Personal Name
Edisi 1st
No. Panggil TA-2050012
ISBN/ISSN -
Subyek
Klasifikasi TA
Judul Seri
GMD Printed
Bahasa Indonesia
Penerbit Polman
Tahun Terbit 2005
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik x, 91 hal. : ilus. ; 29 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...